JITU (Jurnal Ilmiah Teknik Unida)
Vol. 1 No. 1 (2020): Juni

Melalui Metode Diskusi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Mekanik Otomotif Tentang Perbaikan Dan Perawatan Kopling Bagi Kelas Xi Teknik Sepeda Motor Semester 1 Smkn 1 Darul Kamal Aceh Besar Tahun Pelajaran 2019/ 2020

Muhammad Yusuf (Universitas Iskandarmuda)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Teknik otomotif adalah salah satu cabang ilmu teknik mesin yang mempelajaritentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasidarat yang menggunakan mesin,terutama sepeda motor, mobil, bis dan truk. Teknikotomotip menggabungkan elemen-elemen pengetahuan mekanika, listrik, elektronika,keselamatan dan lingkungan serta matematika, fisika, kimia. Akan tetapi masih banyaksiswa di SMK Negeri 1 Darul Kamal yang mengalami kesulitan dalam pembelajaranPerawatan Sepeda Motor, terutama dalam perawatan dan perbaikan kopling. Gunamengatasi rendahnya prestasi belajar dalam perawatan dan perbaikan kopling, makadiupayakan melalui penggunaan metode diskusi. Metode ini untuk membantu siswadalam perawatan dan perbaikan kopling. Diharapkan penggunaan metode diskusi inidapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam perbaikan dan perawatan kopling.Pelaksanaan penelitian ini berlangsung di kelas XI Teknik Sepeda Motor SMKNegeri1 Darul Kamal, terdiri dari 21 siswa, berlangsung selama tiga siklus. Dari pelaksanaanpembelajaran menggunakan metode diskusi, dalam siklus I diperoleh data nilai ratarata kelas 63,8. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 71,4 dan pada siklus IIImencapai nilai rata-rata sebesar 78,6. Disamping itu ketuntasan belajar klasikal jugaselalu mengalami kemajuan, pada siklus I terdapat 5 siswa yang tuntas (23,8%), siklusII terdapat 13 siswa yang tuntas (62%), dan pada siklus III mencapai ketuntasan belajarsebanyak 19 siswa atau 90,5 %.

Copyrights © 2020