cover
Contact Name
nazaruddin
Contact Email
nazr@unida-aceh.ac.id
Phone
+62651-4434942098
Journal Mail Official
jitu@unida-aceh.ac.id
Editorial Address
Jl. Kampus UNIDA No 15 Desa Surien Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh Kode Pos 23234
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
JITU (Jurnal Ilmiah Teknik Unida)
ISSN : 25487205     EISSN : 27216861     DOI : https://doi.org/10.55616/jitu
Core Subject : Engineering,
JITU (Jurnal Ilmiah Teknik Unida) merupakan jurnal ilmiah dan wadah seluruh penelitian, analisis kebijakan dan kajian-kajian tioritis untuk berbagi dalam ilmu pengatahuan dan teknologi
Articles 134 Documents
Analisis Kapasitas Parkir Pada Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh Azhar Azhar
Jurnal Ilmiah Teknik Unida Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Mitra Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.075 KB) | DOI: 10.55616/jitu.v1i1.151

Abstract

Kota Banda Aceh merupakan ibukota Provinsi Aceh dan pusat pemerintahan sertapusat kegiatan di segala bidang seperti perekonomian, pendidikan, industri, kesehatan dansebagainya. Pertumbuhan Kota Banda Aceh cukup tinggi setelah dilanda Tsunami Padatanggal 26 desember 2004 dan sedang melakukan pembenahan diberbagai bidang, termasukdiantaranya pada bidang pelayanan kesehatan. Rumah Sakit Harapan Bunda terletak diJalan Teuku Umar no 181 seutui Banda Aceh yang merupakan rumah sakit kelas C yaituRumah Sakit Umum yang mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medik spesialistikdengan kapasitas 100 – 500 tempat tidur.Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui danmengevaluasi kapasitas parkir eksisting pada kawasan Rumah Sakit Harapan Bunda denganmemperhatikan kapasitas parkir yang tersedia dan mengetahui karkteristik parkir.Dari datahasil pengamatan tersebut maka diperoleh hasil bahwa volume puncak parkir harian ratarata untuk kendaraan roda empat yaitu 127 unit kendaraan/jam. Waktu rata-rata parkiruntuk kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di dalam areal parkir berkisar 90 - 120menit dengan waktu terlama 9 jam, sedangkan untuk di areal luar parkir 90 – 120 menitdengan waktu terlama 585 menit. Sedangkan untuk waktu jam puncak terjadi pada pukul10.00 - 12.00 wib dan untuk di luar areal parkir terjadi pada pukul 10.00 – 12.00 wib. Untukarus lalu lintas terbesar dari arah Kota menuju Setui terjadi pada hari senin pukul 16.00 –18.00 wib sebanyak 2245 unit kendaraan, sedangkan dari arah Setui menuju Kota terjadipada pukul 16.00 – 18.00 wib sebanyak 2303 unit kendaraan.
Kuat Tekan Beton Terhadapkerikil Krueng Sarah Sebagai Agregatdi Leung Kabupaten Aceh Besar Ilyas Mahmud
Jurnal Ilmiah Teknik Unida Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Mitra Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.075 KB) | DOI: 10.55616/jitu.v1i1.152

Abstract

Sumber Daya Alam, akibar pemakaian lama-lama akan menjadi habis dan langka,dalam hal ini misalnya krikil. Banda Aceh banyak terdapat lokasi krikil, tetapai dalam halpemakaian untuk konstruksi beton belum tentu memenuhi persyaratan. Atas dasar tersebutkami mencoba peneliti dengan Krikil Krueng Sarah di Leupung Kabupaten Aceh Besar.Benda uji berbentuk selinder dengan diameter 15 cm dan tinggi 30 cm dibuat sebanyak 32buah, dengan menggunakan kerikil dari Krueng Sarah Leupung sebagai agregat kasar.Benda uji dibuat atas 4 jenis rencan perbandinan campuran yaitu 1 jenis denganperbandingan campuran 1 semen : 2 pasir : 3 kerikil jenis dengan mutu beton rencanK.200, K.225 dan K.250.Hasil penelitian laboratorium menunjukan bahwa penggunaan kerikil tersebutmemunuhi persyaratan untuk digunakan ( lihat Lampiran percobaan ).Kuat tekan beton yang dapat dihasilkan melebihi kuat tekan beton rencan ( Peraturan BetonIndonesia 19971 )
Kaji Efisiensi Pemanfaatan Energi Bahan Bakar Untuk Kasus Perebusan Air Teuku Zulfadli, Muhammad Yusuf
Jurnal Ilmiah Teknik Unida Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Mitra Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.843 KB) | DOI: 10.55616/jitu.v1i1.153

Abstract

Bahan bakar merupakan unsur utama dalam proses pembakaran, tanpa bahan bakar kita tidakdapat melalukan proses pembakaran, misalnya pada proses perebusan air. Masyarakat sekarang ini,menggunakan tungku pembakaran yang terbuka, hal tersebut akan membuat banyak energi panasterbuang sehingga dapat mengeluarkan biaya yang besar bagi masyarakat. Semakin banyak air yangdirebus maka semakin lama waktu yang dibutuhkan dan semakin banyak pula bahan bakar yangdigunakan dalam proses perebusan.. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari sistem pembakaranuntuk pemanasan air yang optimal. Manfaat dari penelitian ini agar dapat diaplikasikan untukmasyarakat sebagai solusi penerapan teknologi tepat guna dan supaya sistem pembakaran yangoptimal serta efisiensi tinggi akan mendapatkan keuntungan lebih tinggi bagi masyarakat. Adapunmetode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan drum bekas dengan 3 (A, B, C) lubangruang bakar dan 3 variasi pintu (A1, A2, A3), (B1, B2, B3) dan (C1, C2, C3) disetiap lubang ruangbakar tersebut. Bahan bakar yang digunakan ada 2 jenis yaitu menggunakan bahan bakar gas dankayu. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada proses perebusan dengan menggunakan bahan bakargas, semakin tertutup lubang ruang bakar maka semakin cepat proses mendidihnya atau mencapaitemperatur jenuh. Sedangkan dengan menggunakan bahan bakar kayu berbanding terbalik denganmenggunakan bahan bakar gas, semakin tertutup lubang ruang bakar maka semakin lama mencapaitemperatur jenuh
Kajian Sistem Pengering Kelapa Kukur Untuk Bahan Baku Kelapa Gongseng Menggunakan Kolektor Surya Nazaruddin, Junaidi
Jurnal Ilmiah Teknik Unida Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Mitra Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.304 KB) | DOI: 10.55616/jitu.v1i1.154

Abstract

Kelapa kukur kering atau desiccated coconut merupakan hasil pengeringan dari kelapakukur sehingga menghasilkan produk dengan kadar air yang lebih rendah,bewarna putih segardan memiliki daya simpan lebih lama. Selain itu produk kelapa kukur kering dapat diolahsecara industri kecil sehingga produk ini dapat di manfaatkan secara lebih efektif, efisien danhigienis. Tujuan penelitian untuk mendapatkan kelapa kukur kering dengan kadar air yanglebih rendah sesuai SNI 01-375-2000 (kadar air maksimal 3 %). Ada 2 metode prosespengeringan yaitu metode pengeringan dengan energi surya secara tradisional dan metodepengeringan dengan energi surya menggunakan kolektor surya, adapun metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode pengeringan dengan energi surya menggunakankolektor surya, pengeringan dilakukan pada temperatur 30 ºC – 60 ºC, temperatur terbaikpada proses pengeringan yaitu 50 ºC – 60 ºC. Hasil pengujian dan perhitungan menunjukkanbahwa pada sampel dengan massa kelapa kukur 2 kg kadar air rata-rata yang tersisa padabahan mencapai 1,76 % dengan waktu pengeringan yang dibutuhkan selama 3 jam. Padasampel dengan massa kelapa kukur 4 kg kadar air rata-rata yang tersisa pada bahan mencapai2,73 % dengan waktu pengeringan yang dibutuhkan selama 5 jam dan ditinjau dari aroma,rasa dan warna : keadaan kelapa kukur kering normal (seperti kelapa segar pada umumnya).
Melalui Metode Diskusi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Mekanik Otomotif Tentang Perbaikan Dan Perawatan Kopling Bagi Kelas Xi Teknik Sepeda Motor Semester 1 Smkn 1 Darul Kamal Aceh Besar Tahun Pelajaran 2019/ 2020 Muhammad Yusuf
Jurnal Ilmiah Teknik Unida Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Mitra Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.805 KB) | DOI: 10.55616/jitu.v1i1.155

Abstract

Teknik otomotif adalah salah satu cabang ilmu teknik mesin yang mempelajaritentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasidarat yang menggunakan mesin,terutama sepeda motor, mobil, bis dan truk. Teknikotomotip menggabungkan elemen-elemen pengetahuan mekanika, listrik, elektronika,keselamatan dan lingkungan serta matematika, fisika, kimia. Akan tetapi masih banyaksiswa di SMK Negeri 1 Darul Kamal yang mengalami kesulitan dalam pembelajaranPerawatan Sepeda Motor, terutama dalam perawatan dan perbaikan kopling. Gunamengatasi rendahnya prestasi belajar dalam perawatan dan perbaikan kopling, makadiupayakan melalui penggunaan metode diskusi. Metode ini untuk membantu siswadalam perawatan dan perbaikan kopling. Diharapkan penggunaan metode diskusi inidapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam perbaikan dan perawatan kopling.Pelaksanaan penelitian ini berlangsung di kelas XI Teknik Sepeda Motor SMKNegeri1 Darul Kamal, terdiri dari 21 siswa, berlangsung selama tiga siklus. Dari pelaksanaanpembelajaran menggunakan metode diskusi, dalam siklus I diperoleh data nilai ratarata kelas 63,8. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 71,4 dan pada siklus IIImencapai nilai rata-rata sebesar 78,6. Disamping itu ketuntasan belajar klasikal jugaselalu mengalami kemajuan, pada siklus I terdapat 5 siswa yang tuntas (23,8%), siklusII terdapat 13 siswa yang tuntas (62%), dan pada siklus III mencapai ketuntasan belajarsebanyak 19 siswa atau 90,5 %.
Kajian Eksperimental Tentang Pengaruh Penggunaan Variasi Dua Jenis Cdi (Standar Dan Brt) Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Honda Supra X 125 Cc Tahun 2011 Evan Maulana; Teuku Zulfadli; Nazaruddin Nazaruddin
Jurnal Ilmiah Teknik Unida Vol. 1 No. 2 (2020): Des
Publisher : Mitra Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.272 KB) | DOI: 10.55616/jitu.v1i2.163

Abstract

Pembakaran dalam motor bakar adalah hal yang sangat menentukan besarnya tenaga yang dihasilkan motor tersebut. Salah satu factor yang mempengaruhi pembakaran agar terjadi pembakaran sempurna adalah sistim pengapian yang baik. Sistim pengapian pada sepeda motor Honda Supra X 125 CC tahun 2011 menggunakan pengapian DC – CDI. Komponen – komponen sistim pengapian antara lain baterai, pembangkit pulsa pengapian, unit CDI, coil pengapian dan busi. Penelitian ini yang diambil berupa data tegangan output CDI yang dihasilkan, dan bahan bakar yang dihabiskan selama waktu yang telah ditentukan dalam penelitian yaitu selama 5 menit. Pengukuran putaran mesin yang digunakan dalam penelitian adalah (1000, 1500, 2000, 2500, 3000 dan 3500) Rpm. Perbedaaan tegangan output CDI pada sepeda motor Honda Supra X 125 CC Tahun 2011 antara yang menggunakan CDI standar dengan CDI BRT Tipe Hyperband pada putaran mesin (1000, 1500, 2000, 2500, 3000 dan 3500) Rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan konsumsi bahan bakar yang menggunakan CDI standar dan CDI BRT Tipe Hyperband lebih hemat CDI BRT Tipe Hyperband sebesar 4.9 ml. Perbedaan tegangan output CDI standar dan CDI BRT Tipe Hyperband lebih besar CDI BRT Type Hyperband sebesar 2,4 volt.
Kajian Eksperimental Arus Listrik Dan Ketangguhan Las Smaw Terhadap Kekuatan Tarik Dengan Elektroda E7018 Wahyu Hidayat; Nazaruddin Nazaruddin; Teuku Zulfadli
Jurnal Ilmiah Teknik Unida Vol. 1 No. 2 (2020): Des
Publisher : Mitra Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (945.537 KB) | DOI: 10.55616/jitu.v1i2.165

Abstract

Perkembangan teknologi di Abad ke-21 ini terutama di bidang kontruksi baja semakin berkembang sehingga tidak dapat dipisahkan dari proses pengelasan. Oleh karena itu sangat penting untuk mempunyai peran dalam proses rekayasa dan reparasi logam. Terutama dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh arus listrik terhadap kekuatan tarik dan ketangguhan las SMAW dengan elektroda E7018 diameter 3,2 mm. Metode penelitian ini dengan menggunakan baja paduan rendah dengan pengelasan bervariasi arus 110 Amper, 140 Amper, 160 Amper. Jenis kampuh yang digunakan adalah kampuh V dengan sudut C. Kajian penelitian ini dilakukan untuk mengukur kekuatan tarik, ketangguhan las dengan elektroda SMAW E7018. Nilai kekuatan tarik tertinggi untuk daerah las terjadi pada kelompok spesimen 110 Amper yaitu 723,1 MPa dari kelompok 140 Amper dan 160 Amper. Tegangan luluh tertinggi pada kelompok 110 Amper sebesar 621,4 MPa. Perubahan las teringgi pada kelompok 160 Amper sebesar 35.1%. Nilai reduksi penampang tertinggi pada kelompok 160 Amper 67,5%. Nilai tenaga patah untuk kelompok raw materials sebesar 84,3 Joule. Nilai Ketangguhan pada daerah las tertinggi pada kelompok 110 Amper yaitu sebesar 1,9 Joule/ , sedangakan kelompok arus 140 Amper sebesar 1,7 Joule/mm hal ini mengalami kenaikan dari raw materials dan arus 160 Amper.
Studi Kelayakan Sumber Energi Hibrid Sebagai Penggerak Pompa Di Area Pertanian Di Desa Blang Krueng Zacki Rahmad Sebyang, Teuku Zulfadli, Muhammad Yusuf
Jurnal Ilmiah Teknik Unida Vol. 1 No. 2 (2020): Des
Publisher : Mitra Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.882 KB) | DOI: 10.55616/jitu.v1i2.166

Abstract

Desa Blang Krueng merupakan daerah agraris yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Namun kesulitan yang di hadapi petani adalah pada saat musim tanam para petani harus bersusah payah memenuhi kebutuhan air pada tanaman mereka supaya hasil panennya tidak gagal. Solusi yang tepat untuk permasalahan ini adalah dengan menggunakan teknologi berbasis energi baru terbarukan yaitu Energi Hibrid untuk melakukan studi kelayakan daerah tersebut perlu adanya peneletian atau pengukuran intensitas radiasi matahari dan kecepatan angin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kelayakan sumber energi matahari dan sumber energi angin yang dipadukan menjadi sumber energi hibrid untuk menggerakkan pompa pada sistem pengairan di Desa Blang Krueng Kabupaten Aceh Besar. Metode pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan mengukur intensitas radiasi matahari, kecepatan angin dan menganalisis kebutuhan daya yang diperlukan untuk menggerakkan pompa. Dari hasil analisis intensitas radiasi matahari rata-rata terendah dalam tiga bulan adalah 568.13 watt dengan lama penyinaran selama 10 jam dalam satu hari dan temperatur rata-rata 32,07 oC. Untuk kecepatan angin rata-rata selama tiga bulan adalah 2,99 m/s.
Analisis Potensi Energi Angin Sebagai Sumber Energi Listrik Untuk Menggerakkan Pompa Air Di Areal Persawahan Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Mukhrijal, Teuku Zulfadli, Andi Mulkan
Jurnal Ilmiah Teknik Unida Vol. 2 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Mitra Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (851.043 KB) | DOI: 10.55616/jitu.v2i1.167

Abstract

Perkembangan taraf hidup manusia yang semakin meningkat tiap tahunnya membuat permintaanakan kebutuhan energi menjadi hal yang penting. Dengan bergantung kepada sumber energi fosilyang hanya akan bertahan selama beberapa puluh tahun dan menghasilkan polusi yangberbahaya bagi atmosfer bumi. Di Indonesia, kecepatan angin berkisar 2 m/s hingga 6 m/s.Dengan karakteristik kecepatan seperti itu, Indonesia dinilai sangat cocok untuk menggunakanpembangkit listrik tenaga angin skala kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuiberapa besar potensi energi angin untuk menggerakkan pompa air di areal pertanian, Manfaatdari penelitian ini diharapkan para petani bisa merasakan sistem pengairan yang lebih baikdengan menggunakan teknologi turbin angin untuk menghasilkan listrik. Dalam penelitian iniprosedur penelitian yang dilakukan adalah pengukuran kecepatan angin dengan menggunakanalat ukur anemometer, pengukuran dilakukan mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB, dengan intervalwaktu 30 menit, pengukuran dilakukan pada saat cuaca cerah agar dapat hasil yang optimal.hasil pengukuran akan direhab dalam bentuk tabel di Microsoft Exel. Dari hasil analisiskecepatan angin rata-rata perbulan pada Bulan April, Mei dan Juni 2019 adalah 2.94 m/s,3.11 m/s, 2.91 m/s, dan hasil rata-rata pertiga bulan adalah 2.99 m/s dengan temperatur ratarata 32,07oC. Dengan mengasumsikan diameter baling-baling 3 meter dan kecepatanangin rata-rata 2.99 m/s, maka energi angin yang dihasilkan adalah sekitar 108,5 Wattnilai kecepatan angin ini dapat dikatagorikan untuk penggunaan turbin angin kecepatan rendah(low speed wind turbine) yang beroperasi pada kecepatann 1,7 – 10 m/s.
Audit Energi Listrik Penggunaan Pendingin Udara Pada Gedung Biro Rektor Universitas Iskandarmuda Syafriandi, Muliadi, Mahalla
Jurnal Ilmiah Teknik Unida Vol. 2 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Mitra Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (880.051 KB) | DOI: 10.55616/jitu.v2i1.168

Abstract

Audit energi adalah teknik yang dipakai untuk menghitung besarnya konsumsi energi pada bangunan atau gedung. Pada penelitian ini audit energi dilakukan pada Universitas Iskandarmuda (UNIDA) yaitu pada gedung Biro Rektor dan fokusnya pada pendingin udara. Selama ini penggunaan pendingin udara (AC) pada gedung Biro Rektor Unida belum pernah dilakukan audit energi sehingga belum diketahui efisien atau tidaknya nilai intenitas konsumsi energi (IKE) dan barapa kebutuhan penggunaan pendingin udara serta di ruang mana saja terdapat sumber pemborosannya. Oleh sebab itu, penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui besarnya intenitas konsumsi energi (IKE), kebutuhan penggunaan pendingin udara dengan luas ruangan, dan sumber pemborosan pemakaian peralatan pendingin pada gedung Biro Rektor UNIDA. Hal ini dilakukan agar konsumsi energi listrik sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan pendingin ruangan lebih efesien. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah melakukan observasi pengukuran dan perhitungan. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa nilai IKE berada pada kriteria sangat efisien yaitu sebesar 49,23 kWh/m2/tahun dan konsumsi energi listrik untuk pendingin udara pertahunnya sebesar 16.458,0 kWh/tahun. Pada gedung Biro Rektor UNIDA pemborosan energi listrik disebabkan oleh penggunaan pendingin ruangan (AC) yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan luas ruangannya.

Page 1 of 14 | Total Record : 134