Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 18, No 1 (2018): JASSI Anakku: Volume 18, Issue 1, 2018

PENGOPERASIAN KOMPUTER PROGRAM JAWS (JOB ACCES WITH SPEECH) FOR WINDOWS OLEH PESERTA DIDIK TUNANETRA

Zulkifli, Sidiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini untuk memperoleh gambaran pengoperasian komputer program Jaws (job acces with speech) untuk penggunaan komputer bagi tunanetra meskipun indera penglihatannya sebagain atau seluruhnya tidak dapat berfungsi secara maksimal, untuk dapat memanfaatkan teknologi komputer tunanetra membutuhkan teknik alternatif guna menggantikan fungsi indera penglihatannya dan teknik alternatif yang efektif yaitu dengan memanfaatkan indera pendengaran dan/atau perabaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus yang dilakukan kepada guru komputer, kepada kepala sekolah, serta kepada satu orang peserta didik tunanetra. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, obsetvasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Untuk mencapai tingkat validitas data dalam melaksanakan pemeriksaan keabsahan data dengan cara ketekutan pengamatan, triangulasi, dan member check. Hasil yang didapat dari penelitian menyatakan bahwa penting bagi pengguna komputer tunanetra memiliki keterampilan mengetik dengan teknik 10 jari. Cara pengoperasian komputer, alat akses dan program aplikasi yang digunakan oleh pengguna tunanetra sama seperti orang pada umumnya. Perbedaannya terletak pada cara menjalankan perintah, tunanetra harus melalui fungsi tombol Short-cut. Komputernya harus dilengkapi dengan alat akses khusus seperti printer Braille dan Braille display serta ditambahkan software screen reader seperti JAWS. Hambatan dalam pengoperasian komputer diantaranya bersumber dari faktor internal dan faktor eksternal. Upaya guru untuk mengatasi hambatan tersebut diantaranya dengan memotivasi siswa, mengatur seting JAWS, menyederhanakan materi dan bekerja sama dengan pihak terkait. Upaya siswa yaitu dengan berusaha latihan terus menerus.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...