Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 16, No 2 (2016): JASSI Anakku: Volume 16, Issue 2, 2016

Penerapan Strategi Think Talk Write Dalam Meningkatakan Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu

Fadilah, Nurul (Unknown)
Gunawan, Dudi (Unknown)
Heryati, Euis (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2017

Abstract

Kemampuan berbahasa sangat erat kaitannya dengan pendengaran, karena kemampuan berbahasa diperoleh melalui proses mendengar. Pada anak tunarungu perkembangan bahasa berhenti akibat ketunarunguannya. Terhambatnya proses mendengar tersebut akan menghambat pula pada kemampuan berbahasa. Strategi Think Talk Write merupakan suatu strategi pembelajaran yang memfasilitasi anak tunarungu latihan dalam berbahasa secara lisan maupun tulisan. Pada strategi ini sebelum menulis dengan bahasanya sendiri dilaksanakan proses berpikir (think), setelah itu anak tunarungu harus memikirkan apa yang ingin ia ekspresikan dalam bahasa lisan maupun tulisan. Setelah menyimak dengan bantuan stimulus gambar, anak tunarungu mengekspresikan dalam bahasa lisan dan mengungkapkannya (talk) dalam bahasa oral ataupun isyarat. Setelah pengekspresian dalam bentuk bahasa lisan, kemudian anak tunarungu mengkonversikannya ke dalam tulisan (write). Maka dari itu hanya tiga aspek berbahasa yang dikembangkan dalam strategi ini, yaitu: menyimak, berbicara dan menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pre Test – Post Test Design yang diterapkan kepada anak tunarungu kelas TKLB 3 di SLB-B Prima Bhakti Mulia Kota Cimahi. Bentuk tes yang digunakan berbentuk tes perbuatan, tes lisan dan tes tulisan yang diberikan kepada subjek untuk mengetahui kemampuan berbahasa yang mencakup tiga aspek (menyimak, berbicara dan menulis). Subjek dalam penelitian ini berjumlah enam orang anak tunarungu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa anak tunarungu meningkat setelah penerapan strategi think talk write dalam pembelajaran berbahasa. Indikator meningkat terlihat dalam tiga aspek yaitu menyimak (menunjukkan benda sesuai dengan gambar), berbicara (mengucapkan nama benda sesuai dengan gambar) dan menulis (menuliskan nama benda sesuai dengan gambar).Kata Kunci : Strategi Think Talk Write, Berbahasa, Anak Tunarungu

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...