Penelitian ini mengkaji program Resource Center saat ini yang dilaksanakan dalam peningkatan layanan pendidikan di sekolah, mengembangkan bentuk program Resource Center yang sesuai dengan kebutuhan ABK, orangtua dan guru dalam membantu peningkatan layanan pendidikan di SLB dan sekolah reguler. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari guru SLB dan sekolah reguler, tenaga kependidikan, dan orangtua ABK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan program Resource Center di sekolah berjalan secara normatif, Program yang dirancang dan dilaksanakan secara umum telah sesuai dengan kebutuhan ABK, orangtua dan guru, dan program yang dikembangkan dalam aspek pemahaman pendidikan kebutuhan khusus, evaluasi dan kebutuhan program ABK dalam membantu peningkatan layanan pendidikan di SLB dan sekolah reguler.Kata kunci: pengembangan program, resource center, inklusif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2011