Hambatan dalam perkembangan bahasa dapat berpengaruh terhadap proses belajar, sehingga mereka memerlukan pengalaman belajar yang kongkret. Keterampilan berbahasa lisan (berbicara) merupakan modal utama bagi setiap orang, tidak terkecuali siswa tunagrahita dalam mengadakan interaksi dan komunikasi dengan lingkungan sekitar. Komunikasi akan bermakna apabila antara pembicara dengan lawan bicaranya tahu apa yang dibicarakan. Untuk itu perlu adanya kejelasan dalam setiap ucapannya. Alat komunikasi yang paling dominan dipergunakan dalam aktivitas sehari-hari adalah dalam bentuk wicara atau bahasa lisan. Dengan berkomunikasi memungkinkan individu membangun suatu kerangka rujukan dan menggunakannya sebagai panduan untuk menafsirkan situasi apapun dan permasalahan yang dihadapi. Tanpa melibatkan diri dalam komunikasi, seseorang tidak akan tahu bagaimana makan, minum, berbicara sebagai manusia, dan memperlakukan manusia lain secara beradab. Cara-caraberperilaku seperti itu harus dipelajari lewat pengasuhan keluarga dan pergaulan dengan orang lain, semuanya berpangkal dari adanya komunikasi.Kata kunci: Teknik pembelajaran, bahasa lisan, siswa tunagrahita
Copyrights © 2013