Peran orang tua bagi anak tunagrahita ini dipengaruhi oleh beberapa faktor penting seperti bagaimana pemahaman dan pengetahuan, kesiapan serta bagaimana tindakan orang tua dalam memberikan layanan pendidikan bagi anak tunagrahita tersebut. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya orang tua dalam memberikan layanan pendidikan bagi anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan terhadap orang tua yang mempunyai tiga anak tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahan dan pengetahuan orang tua terhadap anak tunagrahita berdampak pada terlambatnya penangangan yang diberikan orang tua terhadap dua anaknya. Berbeda dengan perlakuan orang tua terhadap anak ketiganya karena orang tua mengerti dan belajar dari pengalaman juga dari informasiinformasi yang didapat tentang anak tunagrahita, orang tuapun lebih siap dalam menghadapi keadaan yang muncul akibat dari ketunagrahitaan yang di alami oleh anaknya, karena ketunagrahitaan yang di alami diketahui orang tua lebih dini dari pada orang tua mengetahui ketunagrahitaan yang dialami oleh kedua kakaknya.Kata Kunci: Orang Tua, Anak Tunagrahita
Copyrights © 2012