Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 17, No 2 (2017): JASSI Anakku: Volume 17, Issue 2, 2017

PROGRAM LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TUNANETRA SDLB DI SLB CIMAHI

Triwiaty, Rikrik (Unknown)
Assjari, Musjafak (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kondisi faktual program literasi sekolahbagi siswa tunanetra tingkat sekolah dasar, mengetahui pelaksanaan program literasi sekolah bagi siswa tunanetra tingkat sekolah dasar , mengetahui respon siswa terhadap program literasi sekolah, mengetahui hal yang perlu dikembangkan dalam program literasi sekolah bagi siswa tunanetra tingkat sekolah dasar dan mendapat gambaran implementasi program literasi sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan beberapa hal: pertama kondisi faktual membuktikan bahwa program literasi sekolah sudah ada. Kedua, pelaksanaan program literasi sekolah belum maksimal. Ketiga, respon siswa terhadap program literasi sekolah cukup baik meskipun beberapa siswa masih ada yang menolak mengikuti kegiatan. Keempat, hal-hal yang perlu dikembangkan dalam perumusan program literasi yaitu kegiatan yang lebih variatif, media dan strategi yang sesuai, adanya program tertulis yang jelas. Kelima, keterlaksanaan program di sekolah dilakukan oleh guru kemudian di observasi, wawancara, dan di dokumentasikan. Untuk mencapai hasil yang maksimal perlu pelaksanan program literasi sekolah yang berkelanjutan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...