Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 18, No 1 (2018): JASSI Anakku: Volume 18, Issue 1, 2018

TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MENGURANGI PERILAKU HIPERAKTIF PADA PESERTA DIDIK LOW VISION

Irna, Sriwahyuni (Unknown)
Neni, Meiyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan, adanya peserta didik berperilaku hiperaktif seperti tidak bisa duduk diam ketika sedang belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai “Penggunaan Teknik Behavior Contract Untuk Mengurangi Perilaku Hiperaktif Pada Peserta Didik Low Vision Kelas I SDLB Di SLB Negeri A Kota Bandung”. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SRR). Desain SRR ini merupakan salah satu jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain A-B-A. Dalam penelitian ini dapatdisimpulkan bahwa penggunaan teknik behavior contract berpengaruh terhadap pengurangan perilaku hiperaktif pada peserta didik low vision terlihat adanya penurunan. Hal ini terlihat dari hasil perolehan skor mean level setiap fase mengalami penurunan, pada fase baseline 1 (A1) sebesar 55,83%, intervensi (B) sebesar 39,99% dan baseline 2 (A2) 20,83%. Berdasarkan hasil dari perolehan skor pada mean level dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan teknik behavior contractberpengaruh terhadap pengurangan perilaku hiperaktif pada peserta didik low vision. Hal ini terlihat dari hasil perolehan skor pada setiap fase baseline 1 (A1), intervensi (B) dan baseline 2 (A2) yang menurun.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...