Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 11, No 1 (2011): JASSI Anakku: Volume 11, Issue 1, 2011

Model Bimbingan Karir Komprehensif untuk Pengembangan Karir Siswa Tunarungu (Studi Pengembangan Model Bimbingan Karir Komprehensif untuk Mengembangkan Karir Siswa Tunarungu di Bandung)

Gunawan, Dudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Bimbingan Karir Komprehensif untuk pengembangan karir siswa tunarungu di Sekolah Luar Biasa.di Bandung, pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan engembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan dengan melibatkan guru kelas, guru keterampilan, pembimbing, dan kepala sekolah untuk merumuskan Model Bimbingan Karir Komprehensif untuk pengembangan karir siswa tunarungu di Sekolah Luar Biasa di Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model bimbingan karir komprehensif efektif bagi siswa tunarungu SLB-B. Indikator efektivitas ditandai dari: (1) kesadaran diri, pendidikan, karir, ekonomi pembuatan keputusan, keterampilan kecakapan bekerja sikap dan apresiasi, (2) pandangan yang realistis tentang dunia kerja, berkeinginan mengembangkan diri dalam karir, dan (3) mampu menghubungkan dirinya dengandunia kerja.Kata kunci : bimbingan, karir, komprehensif, tunarungu

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...