Penelitian ini bertujuan menyusun desain pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) yang belajar bersama-sama anak pada umumnya di kelas yang inklusif. Untuk mencapai tujuan tersebut, dirumuskan tiga pertanyaan penelitian, yaitu: (1) Bagaimanakah pengetahuan, sikap, dan penerimaan pendidikan guru SD terhadap pendidikan inklusif?, (2) Bagaimanakah upaya yang telah dilakukan oleh guru-guru di SD dalam mengajar ABK di kelas yang inklusif selama ini? dan (3) Bagaimanakah desain pembelajaran yang cocok untuk mengajar ABK yang belajar bersama-sama anak pada umumnya di kelas inklusif? Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan guru SD tentang pendidikan inklusif cukup memadai. Sikap mereka terhadap pendidikan inklusif cenderung positif dan pada umumnya mereka dapat menerima pendidikan inklusif diterapkan di sekolah. Upaya yang telah dilakukan oleh guru dalam mengajar ABK bersama-sama dengan anak pada umumnya di kelas inklusif meliputi: (1) Konsultasi dengan guru SLB, (2) Berdiskusi dengan teman sejawat, (3) Mengajar di kelas atau ruangan khusus. Desain pembelajaran bagi ABK di kelas inklusif dikembangkan berdasarkan model pembelajaran kolaboratif dengan prinsip: (1) fleksibilitas, (2) modifikasi, (3) dukungan.Kata kunci: Desain pembelajaran, Pendidikan inklusif, Sekolah Dasar
Copyrights © 2016