Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 10, No 1 (2010): JASSI Anakku: Volume 10, Issue 1, 2010

Penerapan Metode Drill pada Latihan Motorik Halus dengan Menggunakan Barang Bekas yang Menimbulkan Bunyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Siswa Cerebral Palsy Kelasl-Dl SLB-D1 YPAC Surakarta

Nikmah, Nikmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2016

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan apakah penerapan metode drill pada latihan motorik halus dengan menggunakan barang bekas yang menimbulkan bunyi dapat meningkatkan hasil belajar menulis pada pelajaran bahasa indonesia pada anak cerebral palsy (CP) kelas I Dl di SLB-D1 YPAC Surakarta. Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif dengan subyek pelaku tindakan seorang guru kelas I-Dl dan subyek penerima tindakan adalah tujuh orang siswa. Penelitian dilaksanakan melalui 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu: Perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data prestasi belajar menulis menggunakan tes. Untuk analisa data yang digunakan analisa perbandingan berdasar pencapaian skor hasil belajarnya, dengan indikator ketuntasan apabila 75% dari jumlah siswa mendapat nilai 60 keatas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata aktivitas menulis dari siklus I ke siklus II sebesar 14,29 %, dan dari siklus II ke siklus III sebesar 22,86 %. Dengan demikian, metode drill pada latihan motorik halus dengan menggunakan barang bekas yang menimbulkan bunyi pada siswa kelas I-Dl SLB-D1 YPAC Surakarta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa maupun hasil belajar menulisnya.Kata kunci: drill, motorik halus, bunyi, menulis, cerebralpalsy (CP)

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...