Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 11, No 2 (2011): JASSI Anakku: Volume 11, Issue 2, 2011

Model Pembelajaran Anak Tunagrahita (Intellectual Disability) Melalui Pendekatan Konseling (Penelitian Tindakan Kolaboratif dalam Upaya mengembangkan Anak Tunagrahita Mencapai Perkembangan Optimum)

Alimin, Zaenal (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang dirasakan oleh guru di sekolah bahwa pembelajaran pada anak tunagrahita masih belum efektif dan pekembangan anak belum optimal. Bertolak dari masalah itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaranyang dapat mengembangankan anak tunagrahita mencapai perkembangan optimum. Metode yang digunakan adalah collaborative action research. Hasil penelitian menujukkan bahwa model ini berdampak positif terhadap perkembangan yang dicapai oleh anak tunagrahita dan yang paling penting berdampak kepada guru. Guru menjadi lebih terbuka dan reflektif, pembelajaran yang dilakukan oleh guru menjadi lebih terpusat pada anak. Selain itu penerapan model ini berdampak pula pada peningkatan motivasi belajar anak, tumbuh rasa percaya diri, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan bagi anak tunagrahita.Kata kunci:perkembangan optimum, intellectual disability, tahapan pembelajaran perkembangan vertikal, perkembangan horizontal

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...