Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 17, No 1 (2017): JASSI Anakku: Volume 17, Issue 1, 2017

Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di Kelas Inklusif

Purwatmini, Florentina Atik (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2017

Abstract

Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) peserta didik kelas Inklusif VIII.2 SMP Negeri 226 Jakarta masih rendah khususnya pada materi energi dan perubahannya. Di samping itu, di kelas tersebut terdapat peserta didik yang beragam, sehingga guru dituntut untuk kreatif dan inovatif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dengan melakukan tindakan dalam pembelajarannya pada materi energi dan perubahannya melalui metode kooperatif tipe Jigsaw. Teknik analisis data dilaksanakan dengan melakukan evaluasi di setiap siklusnya baik itu proses pembelajaran maupun keaktifan dalam proses pembelajaran dan interaksi di dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kooperatif tipe Jigsaw, dapat mengatasi kesulitan belajar kelas inklusif, baik interaksi antara guru dengan peserta didik, antara peserta didik dengan peserta didik yang di dalamnya terdapat peserta didik berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...