Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca permulaan perserta didik tunanetra setelah diberikan teknik mangold dan seberapa besar pengaruh Teknik Mangold terhadap peningkatan membaca permulaan anak tunanetra siswa kelas II di SDLBN-A Citeureup Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik Mangold berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan braille perserta didik tunanetra kelas II di SLB Negeri A Citeureup Kota Cimahi. Pengaruh tersebut terlihat dari meningkatnya mean level pada setiap fasenya, mulai dari fase baseline-1 (A-1) mendapatkan mean level sebesar 41,48%,, fase intervensi (B) mendapatkan mean level sebesar 69,52%, dan fase baseline-2 (A-2) mendapatkan mean level sebesar 78,51%. Adapun rekomendasi kepada guru untuk mempertimbangkan penggunaan teknik Manggold dalam mengajarkan membaca permulaan braille kepada perserta didik tunanetra.
Copyrights © 2018