Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 18, No 1 (2018): JASSI Anakku: Volume 18, Issue 1, 2018

TEKNIK MANGOLD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BRAILLE PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA

Lusiana, Kilen (Unknown)
Ehan, Ehan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca permulaan perserta didik tunanetra setelah diberikan teknik mangold dan seberapa besar pengaruh Teknik Mangold terhadap peningkatan membaca permulaan anak tunanetra siswa kelas II di SDLBN-A Citeureup Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik Mangold berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan braille perserta didik tunanetra kelas II di SLB Negeri A Citeureup Kota Cimahi. Pengaruh tersebut terlihat dari meningkatnya mean level pada setiap fasenya, mulai dari fase baseline-1 (A-1) mendapatkan mean level sebesar 41,48%,, fase intervensi (B) mendapatkan mean level sebesar 69,52%, dan fase baseline-2 (A-2) mendapatkan mean level sebesar 78,51%. Adapun rekomendasi kepada guru untuk mempertimbangkan penggunaan teknik Manggold dalam mengajarkan membaca permulaan braille kepada perserta didik tunanetra.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...