Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 2 No 2 (2018): EDU SOCIATA (Jurnal Pendidikan Sosiologi)

Hubungan Interaksi Sosial Keluarga Dengan Hasil Belajar Sosiologi di SMAN 1 Kota Bima Tahun Pembelajaran 2010/2011

Irfan, Irfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN I Kota Bima tahun pembelajaran 2010/2011 yang berjumlah 264 orang dari 8 kelas.dengan sampel sebesar 48 orang dengan presentase 18% dengan tehnik area Clutser sampling. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah tehnik analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM. Hasil penelitian ini menunjukan bahwaKeluarga yang melakukan hubungan interaksi sosial yang harmonis dan intens seperti Perhatian orang tua yang cukup, pemberian bimbingan dan nasihat, pengawasan terhadap belajar, pemberian motivasi dan penghargaan, serta pemenuhan fasilitas belajar merupakan bentuk atau upaya yang dilakukan kelurga dalam hal ini kedua orang tua dalam berhubugan interaksi kepada anak-anaknya. Artinya semakin bagus hubungan interaksi social dalam lingkungan keluarga semakin Tinggi dan maksimal hasil belajar sosiologi yang dicapai siswa atau seorang anak dalam belajanya. Sedangkan Keluarga yang melakukan hubungan interaksi sosial yang kurang bagus, artinya keluarga hanya memberikan segala kebutuhan belajar anak-anaknya antara lain menyediakan sarana belajar atau komputer, tetapi keluarga kurang mengawasi dan memberikan nasihat kepada anak-anaknya, maka anak-anaknya tersebut cenderung mencapai hasil belajar yang kurang maksimal (sedang). Sebaliknya apa bila didalam lingkungan keluarga sangat minim hubungan interaksi socialnya, seperti kurangnya perhatian orang tua, kurangnya bimbingan belajar, kurangnya pengawasan belajar, pemberian motivasi dan penghargaan dan minimnya fasilitas belajar yang disediakan maka anak-anaknya cenderung mendapatkan hasil belajar yang rendah. Hasil analisis menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial dalam keluarga dengan hasil belajar sosiologi siswa kelas X SMAN I Kota Bima Tahun Pembelajaran 2010/2011. Hal tersebut sesuai dengan prosedur pengujian yang telah dilakukan bahwa nilai t- hitung yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 3,711 sedangkan nilai t- tabel di ketahui bahwa N = 48-2 = 46 dengan taraf signifikan 5% adalah 1,684 dengan demikian, nilai t-hitung > nilai t-tabel yaitu 3,711 > 1,684.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...