Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia
Vol 9, No 1 (2021): Februari 2021

Hubungan Karakteristik Dosen, Pola Asuh Orangtua, dan Peer Group dengan Konsep Diri Self Esteem Remaja

Aprida Manurung (Universitas Katolik Musi Charitas)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2021

Abstract

Masa remaja adalah masa terjadinya krisis identitas atau pencarian identitas diri yang rentan dengan masalah konsep diri, yang jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan penurunan nilai akademik hingga kehancuran masa depan remaja, 37% usia remaja termasuk dalam lingkaran narkoba hal ini disebebkan karena usia remaja masih mengalami krisis konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Karakteristik Dosen, Pola Asuh dan Peer Group dengan konsep diri self esteem remaja. Metode dilakukan dengan menggunakan pendekatan cross sectional, dengan uji kendall tau dan untuk mendapatkan nilai sumbangan efektif dan sumbangan relative menggunakan uji pearson Correlation. Data mengenai Karakteristik Dosen, Pola Asuh, Peer Group dan konsep diri didapatkan dari kuosioner yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas dengan hasil pearson correlation sig.2 tailed <0.05, dan nilai Cronbach’s alpha  lebih besar dari nilai r table yaitu 0.956 ≥ r table 0.632, yang artinya kuesioner valid dan reabel. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan ada hubungan antara Karakteristik Dosen, Pola Asuh dan Peer Group dengan Konsep Diri Self Esteem. Sumbangan Efektif yang mendomonasi serta mempengaruhi Konsep Diri Self Esteem adalah Pola Asuh sebesar 20.748 dan sumbangan relatifnya 62.49%. Hal ini disebabkan karena anak dibentuk dari awal usia bersama keluarga yang menjadi role model dalam pembentukan karakter anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JKJ

Publisher

Subject

Education Health Professions Nursing Public Health Veterinary

Description

Jurnal Keperawatan Jiwa publishes articles in the scope of mental nursing broadly but is limited, especially in the field of mental nursing in healthy groups, risks, and disorders. Articles must be the result of research, case studies, results of literature studies, scientific concepts, knowledge ...