Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 5 No 2 (2016)

ANALISIS IMPLEMENTASI SOCIAL NETWORK SERVICE DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TEKNOHUMANISTIK

Kusuma, I Putu Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2016

Abstract

Social Network Sites (SNS) adalah produk terbaru ICT yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran di jaman sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan SNS yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian campuran. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dengan lembar observasi dan pemberian kuesioner dengan memberikan kuesioner kepada mahasiswa. Responden pada penelitian ini adalah 20 dosen dan 100 mahasiswa JPBI. Hasil menunjukan bahwa jumlah dosen yang menggunakan SNS masih sangat sedikit dan jenis SNS yang digunakan tidak beragam. Hasil lainnya adalah mahasiswa menggunakan SNS tidak hanya untuk tuntutan oleh dosen tetapi juga untuk keperluan pembelajaran mereka dikarenakan kesadaran mereka akan pentingnya SNS bagi pembelajaran mereka. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa jumlah dosen yang menggunakan SNS untuk perkuliahan masih sangat sedikit sedangkan mahasiswa kerap menggunakan SNS untuk menunjang pembelajaran mereka.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new ...