ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi Flexible Grouping dalam pengajaran Bahasa Inggris khususnya reading. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menggunakan dua kualifikasi, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan oleh peneliti dengan menggunakan strategi Flexible Grouping dan kelas kontrol diberikan strategy QAR(Question Answer Relationship Strategy). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 31 Padang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 271 orang yang terdiri dari 8 kelas yaitu VIII.1, VIII.2, VIII.3, VIII.4, VIII.5, VIII.6, VIII.7 dan VIII.8. Peneliti mengambil sample menggunakan teknik cluster sampling berdasarkan nilai rata-rata reading test dari ujian semester satu pada siswa kelas delapan.Yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII.5, dan kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah reading test berbentuk narrative text dan recount text.Hasil analisis pada penelitian ini diklasifikasikan dalam 2 bentuk; narrative dan recount text. Berdasarkan hasil analisis tes, didapat rata-rata hasil tes pada kelas eksperimen 73.02 dan standar deviasi 5.09. Sedangkan rata-rata kelas kontrol 67.23 dan standar deviasi 8.75. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji t, setelah dilakukan pengujian diperoleh t-calculated 3.55 lebih besar dari t-table 2.00 dengan derajat kebebasan 0.05, maka hipotesis pada penelitian ini diterima, sehingga disimpulkan bahwa strategi Flexible Grouping dapat memberikan efek yang baik terhadap hasil Bahasa Inggris khususnya dalam reading (membaca) pada siswa kelas delapan SMPN 31 Padang.
Copyrights © 2014