ABSTRAK      Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar bahasa Inggris siswa adalah dukungan orang tua. Semakin baik dukungan yang diberikan orang tua terhadap anak, maka semakin tinggi prestasi belajar yang diperoleh oleh anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan orangtua dengan prestasi belajar bahasa Inggris di SMA Negeri 6 Padang, khususnya pada kelas X. Ada 9 kelas untuk kelas X di SMA Negeri 6 Padang yang dijadikan populasi untuk penelitian ini, dengan jumlah total populasi 292 siswa. Selanjutnya penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dengan total 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dari tanggal 20 sampai dengan 24 Januari 2014. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 24 pertanyaan. Hasil analisis menunjukkan lebih sebagian besar (53,1%) responden mendapatkan dukungan yang baik dari orang tua, sebagian besar (59,3%) siswa prestasi belajar bahasa Inggris yang tinggi. Dan hasil Chi-Square dengan X2 calculate > X2 table menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan orangtua dengan prestasi belajar bahasa Inggris di SMA Negeri 6 Padang kelas X. Diharapkan kepada orang tua untuk memberikan dukungan kepada anak  dalam belajar bahasa Inggris agar anak mendapatkan prestasi belajar yang bagus.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014