ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi Jot Chart dalam pengajaran Bahasa Inggris khususnya reading. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menggunakan dua kualifikasi, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan oleh peneliti dengan menggunakan Jot Chart strategi dan kelas kontrol menggunakan QAR strategi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 3 PASAMAN tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 86 orang yang terdiri dari 4 kelas yaitu IX.1, IX.2, IX.3 and IX.4. Kelas sampel ditentukan dengan uji homogeneity dan normality. Yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI.2 dan kelas XI.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah reading test berbentuk Report and Procedure texts.Hasil analisis pada penelitian ini diklasifikasikan dalam 2 bentuk; Report and Procedure teks. Berdasarkan hasil analisis tes, diperoleh hasil rata-rata hasil tes pada kelas eksperimen 80,27 dan standar deviasi 8,65. Sedangkan rata-rata kelas kontrol 75,71 dan standar deviasi 7,83. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji t, setelah dilakukan pengujian diperoleh t-calculated 4,90 lebih besar dari t-table 2,02 dengan derajat kebebasan 0,05, maka hipotesis pada penelitian ini diterima, sehingga disimpulkan bahwa Jot Chart strategi dapat memberikan efek yang baik terhadap hasil belajar Bahasa Inggris khususnya reading (membaca) pada siswa kelas 3 (tiga) SMP N 3 PASAMAN.
Copyrights © 2014