Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

Teaching Reading of Narrative Text by Combining Guided Reading and Interactive Read Aloud Strategy for Junior High School Students

Asmidar, Asmidar (Unknown)
Suharni, Suharni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

ABSTRAKArtikel ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam pengajaran membaca di sekolah menengah pertama (SMP). Selain itu, makalah ini juga bertujuan sebagai masukan bagi guru bahasa Inggris dalam melaksanakan pengajaran membaca sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar membaca. Dalam makalah ini penulis menjelaskan bagaimana  menggabungkan antara dua strategi dalam  pelajaran bahasa Inggris yaitu Guided Reading dan Interactive Read Aloud. Guided Reading adalah strategi yang di berikan kepada siswa dengan bimbingan dan bantuan guru agar siswa bisa membaca dan memahami teks yang di baca nya. Sedangkan Interactive Read Aloud adalah strategi yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan pemikiran mereka dengan cara berinteraksi dengan guru atau dengan pasangan. Kombinasi antara kedua strategi tersebut di harapkan bisa efektif dalam pengajaran membaca terutama dalam memahami teks narrative, karena memudahkan siswa dalam mengembangkan pemikiran tentang apa yang mereka baca dan membantu siswa dalam memahami teks itu sehingga siswa dapat membuat kesimpulan berdasarkan pemahaman mereka sendiri dalam belajar bahasa Inggris khususnya belajar narrative teks.

Copyrights © 2014