Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

THE EFFECT OF USING BUDDY READING STRATEGY TOWARD STUDENT’S READING COMPREHENSION A Study at the eight grade students of Junior High School 4 Lembah Melintang 2013/2014 Academic Year

Fauza, Linda (Unknown)
Herfina Asty, Herfina Asty (Unknown)
Ikhsan, M. Khairi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi Buddy Reading dalam pembelajaran Bahasa Inggris khususnya reading. Penelitian ini menggunakan metode experiment, dengan menggunakan dua klasifikasi, yaitu kelas experiment dan kelas control. Pada kelas experiment diberikan perlakuan oleh peneliti dengan menggunakan strategi Buddy Reading dan kelas control menggunakan strategi Read Aloud. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Lembah Melintang  tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 54 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu VIII1 dan VIII 2. Yang terpilih sebagai kelas experiment adalah  VIII1 , kelas VIII2 sebagai kelas control, dan VIII3 di SMPN 2 Lembah Melintang sebagai kelas try out. Instrument penelitian ini adalah reading test berbentuk narrative text dan recount text. Setelah melakukan tes uji coba di kelas try out, peneliti mengadakan  posttest di kelas VIII1 danVIII2. Dari hasil analisis data, peneliti memperoleh nilai posttest siswa di kelas experiment lebih tinggi dari nilai siswa kelas control. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung  2,30 dan ttabel 2,00. Karena thitung  ttabel, maka hipotesis penelitian diterima.  Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan strategi Buddy Reading terhadap pemahaman membaca siswa pada kelas VIII di SMPN4 lembah Melintang Pasaman Barat tahun ajaran 2013/2014.                                               

Copyrights © 2014