Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

TEACHING READING BY COMBINING STORY IMPRESSIONS WITH DOUBLE-ENTRY DIARIES STRATEGIES AT SENIOR HIGH SCHOOL

Ovtaria, Vani (Unknown)
Yulmiati, Yulmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

ABSTRAKMakalah ini mendiskusikan tentang pengajaran Reading untuk SMA dengan menggunakan strategy Story Impressions dan strategy Double-Entry Diaries. Salah satu masalah yang sering dihadapi guru yaitu bagaimana menumbuhkan minat membaca siswa khususnya pada Narrative text.  Biasanya dalam membaca siswa sering menghadapi kendala seperti siswa malas membaca karena teksnya tidak menarik dan panjang, proses pembelajaran masih berpusat pada guru, kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pelajaran, siswa tidak mau membuat summary atau ringkasan tentang text karena kurangnya vocabulary atau kata-kata sulit, dan kurangnya perhatian siswa terhadap pelajaran yang diberikan guru. Salah satu solusi yang sesuai digunakan untuk permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan gabungan strategy Story Impressions dan strategy Double-Entry Diaries. Dalam penerapannya, guru meminta siswa untuk bisa memprediksi sebuah teks sebelum siswa membaca teks tersebut dan juga siswa harus mengetahui arti atau maknanya dalam teks sebagai kata kunci. Masing-masing siswa disuruh untuk memprediksi sebuah teks dengan pemikiran mereka dan kemudian dibandingkan dengan  teks yang sebenarnya, kemudian siswa akan menemukan informasi dari dalam teks dan siswa bisa membuat ringkasan. Melalui prosedur tersebut Narrative text akan semakin mudah bagi siswa untuk memprediksi sebuah teks dan dapat membuat mereka lebih tertarik atau termotivasi dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, dengan adanya kombinasi strategy ini diharapkan guru dan siswa memiliki sebuah pegangan yang dapat membantu dalam kegiatan belajar-mengajar Reading. Sehingga Reading menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Copyrights © 2014