Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

TEACHING READING NARRATIVE TEXT BY COMBINING PARTNER PREDICTION AND PAIRED SUMMARIZING STRATEGIES FOR VIII GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL

Rahman, Isndhi Wahid (Unknown)
Riza, Armilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

      ABSTRAKMembaca adalah salah satu keterampilan dasar yang penting dalam Bahasa Inggris yang harus diajarkan oleh seorang guru kepada siswanya. Membaca merupakan proses untuk memahami isi dari sebuah teks. Maka dari itu penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu guru dalam mengatasi salah satu permasalahan yang ada dalam pengajaran membaca (Reading) pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu makalah ini juga dimaksudkan untuk menjelaskan aplikasi strategi Partner Prediction dan Paired Summarizing dalam pemahaman sebuah teks narrative agar menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa siswi dalam membaca teks Bahasa Inggris. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan Reading dengan menggabungkan dua strategi yaitu Partner Prediction dan Paired Summarizing. Dalam aplikasinya, guru menggunakan Partner Prediction adapun langkah-langkah strategi ini siswa dibagi atas tiga orang perkelompok dan salah satu siswa membaca bagian teks tertentu dan selanjutnya siswa lainya memprediksi kelanjutan dari teks yang akan terjadi selanjutnya didalam bagian teks tersebut. Kemudian strategi yang kedua yaitu Paired Summarizing, guru menyiapkan sebuah teks dengan membuat beberapa poin dari teks, kemudian siswa diminta untuk mendiskusikan informasi dalam teks secara berpasangan. Dengan diterapkan strategi ini, siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka dalam membaca. Hal ini juga diharapkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran membaca pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Copyrights © 2014