ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk menganalisa kinerja berbicara siswa dalam melakukan presentasi oleh mahasiswa tingkat tiga jurusan bahasa inggris STKIP PGRI Sumatera Barat. Untuk kerangka analisa, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi di kelas. Data tersebut dianalisa dengan menggunakan teori yang terdapat pada penelitian ini. Data yang diperoleh dari kinerja berbicara siswa dikumpulkan, kemudian dikategorikan berdasarkan level dari kriteria kenerja berbicara. Level dan criteria tersebut dapat dilihat pada skor analitik kinerja berbicara (Council of Europe, 2001: 28-29). Hasil dari analisa ini menunjukkan bahwa kebanyakan dari mahasiswa menempati level A1 yaitu level yang paling terbawah pada kinerja berbicara mahasiswa. Pada kriteria Range, rata-rata mahasiswa menduduki level A1, pada kriteria Accuracy menduduki level A2, pada kriteria Fluency menduduki level B1, pada kriteria Interaction menempati level A1, dan pada kriteria Coherence para mahasiswa menduduki level A1.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014