Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

TEACHING WRITING BY COMBINING DICTOGLOSS AND LITERACY MEMOIRS STRATEGIES FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

APRIANI, RAMA (Unknown)
Octavia, Shanty (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

 ABSTRAK  Menulis (Writing) merupakan salah satu keterampilan yang penting dalam Bahasa Inggris yang harus diajarkan oleh seorang guru kepada siswa. Sejalan dengan pentingnya pengajaran writing maka seorang guru harus kreatif untuk membuat pembelajaran writing menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya dengan menerapkan strategi yang menarik dan tepat dalam pembelajaran writing. Sehingga, siswa tertarik dan termotivasi untuk mempelajarinya. Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana mengajarkan writing melalui gabungan dua strategi yaitu Dictogloss dan Literacy Memoirs. Dalam aplikasinya pertama guru menerapkan Dictoglos strategy. Strategy ini dimulai oleh guru dengan membrainstorming siswa dengan topic yang mengandung teks recount, setelah itu guru membacakan dengan nyaring teks tersebut sedangkan siswa menyimak dan menulis hal-hal yang penting secara garis besarnya. Kemudian guru menggunakan strategy yang kedua yaitu Literacy Memoirs strategy. Strategy ini mengajarkan siswa langkah- langkah untuk membuat sebuah teks recount yang benar. Strategy ini sangat efektif untuk siswa dalam meningkatkan kemampuan menulisnya. Selain itu siswa juga menjadi aktif dan berpartisipasi dalam diskusi. Hal ini juga diharapkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran menulis pada siswa Sekolah Menengah Atas.

Copyrights © 2014