ABSTRAKMenulis adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa disamping keterampilan bahasa inggris lainnya. Melalui menulis orang dapat mengekspresikan ide mereka dalam bentuk tertulis. Namun, fenomena di lapangan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis. Karena siswa tidak dapat mengekspresikan ide, mengembangkan ide menjadi sebuah paragraf. Untuk mengatasi malasah ini, ada beberapa strategi yang bisa digunakan dalam pembelajaran menulis. Dalam makalah ini, penulis mengkombinasikan dua buah strategi untuk membantu siswa dalam menulis, yaitu POW and TREE (Pick an idea, organize my notes, write and say more, topic sentence, reasons, explain, end with a good conclusion) strategy dengan Authorâ Chair strategy. Pada langkah POW (Pick an idea, organize my notes, write and say more) siswa diarahkan untuk mendapatkan ide dan merangkainya menjadi kerangka tulisan yang baik dan untuk selanjutnya dijadikan bentuk paragraf pada langkah TREE (topic sentence, reasons, explain, end with a good conclusion). Setelah itu, hasil tulisan siswa akan dipresentasikan di depan kelas dan mendapatkan kritikan, masukan, dari temanya pada Authorâs Chair strategy. Dengan demikian, mengkombinasikan POW and TREE strategy dengan Authorâs Chair strategy diharapkan bisa membantu siswa sekolah menengah atas untuk memahami konsep menulis dan menghasilkan tulisan yang bagus.
Copyrights © 2014