ABSTRAK Pengajaran reading (membaca) merupakan salah satu keterampilan yang penting dalam Bahasa Inggris yang harus diajarkan oleh seorang guru kepada siswa. Sejalan dengan pentingnya pengajaran reading maka, seorang guru harus kreatif untuk membuat pembelajaran reading menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya dengan menerapkan strategi yang menarik dan tepat dalam pembelajaran reading. Sehingga, siswa tertarik dan termotivasi untuk mempelajarinya.Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana mengajarkan reading melalui gabungan dua strategy yaitu Tea Party dengan Read Around. Dalam aplikasi dua strategi ini, penulis menggunakan strategi pertama yaitu Tea Party sebagai strategi awal pembelajaran. strategy ini diawali dengan siswa memilih kalimat atau paragraf berdasarkan teks yang diberikan oleh guru. Kemudian guru meminta masing-masing siswa untuk menuliskan kalimat atau paragraf ke dalam sebuah kertas kecil. Berikutnya, guru meminta siswa untuk mendiskusikan kalimat atau paragraf yang telah mereka pilih. Selanjutnya penulis menggunakan strategi yang kedua yaitu Read Around yang digunakan pada pertengahan pembelajaran dimana setelah siswa mendiskusikan kalimat atau paragraf berdasarkan teks, dan guru meminta siswa duduk dalam lingkaran besar. Disinilah aktifitas siswa untuk membaca kalimat atau paragraf yang mereka pilih berdasarkan teks yang diberikan guru. Terakhir guru dan siswa mendiskusikan isi atau informasi yang terkandung dalam teks yang diberikan.Akhirnya melalui penulisan makalah ini, penulis berharap dengan membaca makalah ini, penulis bisa memperkenalkan cara menggabungkan dua strategi dalam pengajaran Reading. Bagi siswa diharapkan akan lebih termotivasi dan kreatif untuk mempraktekkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Â
Copyrights © 2014