ABSTRAKMembaca merupakan proses untuk memahami teks dengan mencari informasi yang terdapat pada teks yang dibaca. Makalah ini bertujuan untuk membantu dan mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam proses belajar mengajar terutama tingkat Sekolah Menengah Pertama. Dari sekian banyak permasalahan penulis membahas strategi yang cocok digunakan untuk pengajaran membaca pada pelajaran bahasa Inggris. Adapun strategi yang digunakan adalah penggabungan dari strategi Shared Reading dan strategi Fat and Skinny Question. Strategi ini diharapkan dapat menarik perhatian siswa dan dapat memotivasi mereka dalam pelajaran membaca. Selain itu strategi ini juga bisa menjadi masukan bagi guru-guru bahasa Inggris dalam mengajar membaca. Pada strategi Shared Reading guru membaca terlebih dahulu teks dan memperkenalkan kosa kata baru yang ada pada teks, kemudian siswa diminta untuk mengingat jalan cerita dari teks tersebut agar siswa mengetahui informasi dari teks yang mereka dengar. Sedangkan strategi Fat dan Skinny Question membantu siswa memahami teks dengan mengunakan beberapa pertanyaan yang mana jawabannya bisa berupa fakta dan opini. Dan dengan penggabungan kedua strategi ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pelajaran membaca. Penulis berharap makalah ini dapat berguna bagi guru bahasa Inggris sebagai salah satu alternatif yang diterapkan dalam pengajaran membaca.Â
Copyrights © 2014