Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan membaca cepat siswa SD di Cibeureum, sehingga diperlukan metode pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Alternatif metode yang diterapkan yaitu dengan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, dan Review). Penelitian ini bertujuan untuk Skenario dan implementasi pembelajaran membaca cepat siswa SD Kelas V dengan menggunakan Metode SQ3R. Respon guru dan siswa SD Kelas V terhadap pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan Metode SQ3R. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SD Kelas V dalam menyelesaikan tugas-tugas membaca cepat, yang bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan metode SQ3R, pada awal dan akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Kelas V di salah satu SD Swasta di Cibeureum yang berjumlah 12 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis menyimpulkan bahwa keterampilan membaca cepat siswa SD Swasta Cibeureum mneingkat dari sebelumnya, siswa lebih percaya diri, aktif, tanggung jawab dan mandiri. Selain itu, pembelajaran juga menjadi menyenangkan, dan efektif. Respon guru dan siswanyapun sangat baik.
Copyrights © 2021