JOURNAL OF CHEMISTRY AND EDUCATION (JCAE)
Vol 5 No 1 (2021): JCAE EDISI AGUSTUS 2021

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Putri Alami (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Iriani Bakti (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Syahmani Syahmani (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2022

Abstract

Suatu penelitian dilakukan tentang efektivitas model pembelajaran aktif tipe Quiz Team pada materi hidrolisis garam di kelas XI IPA SMA Negeri 10 Banjarmasin untuk mengetahui perbedaan motivasi serta hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran aktif tipe Quiz Team dan kelas yang menerapkan model pembelajaran Direct Instruction pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan quasi experiment design dengan rancangan nonequivalent control group design. Data didapatkan dengan menggunakan teknik tes, observasi dan kuesioner. Uji-t untuk menganalisis perbedaan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa antara kedua kelas yang diteliti, sedangkan perbedaan hasil belajar afektif dan psikomotor dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran aktif tipe Quiz Team secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dibandingkan model pembelajaran Direct Instruction, (2) pembelajaran aktif tipe Quiz Team secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan model pembelajaran Direct Instruction.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jcae

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil penelitian tentang pendidikan dan pembelajaran dalam bidang kimia serta penelitian kimia yang meliputi kimia analitik, kimia organik, biokimia, kimia anorganik serta kimia ...