KOMUNIKATA57
Vol 2 No 1 (2021): KOMUNIKATA57

PEMBINGKAIAN BERITA TENTANG KASUS PENYELUNDUPAN BARANG MEWAH DI PESAWAT GARUDA INDONESIA NOMOR GA9721

Megi Primagara (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Firna Dwi Septiani (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Bulan Nopember 2019, media massa di Indonesia ramai memberitakan kasus penyelundupan barang mewah, yaitu onderdil motor Harley Davidson dan sepeda Brompton produksi tahun 1972. Barang-barang mewah itu diselundupkan melalui penerbangan pesawat Garuda Indonesia nomor GA9721 yang terbang dari Perancis hingga Indonesia. Tempo.co dan Kompas.com termasuk dua media digital yang turut memberitakan kasus penyelundupan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana berita Tempo.co dan Kompas.com membingkai kasus penyelundupan barang mewah pada pesawat Garuda Indonesia nomor GA9721. Penelitian ini menggunakan kajian pembingkaian berita model Robert N. Entman. Metode penelitian menggunakan metode analisis framing Robert N. Entman, yaitu menurut Eriyanto (2018) framing dapat dilihat dalam dua dimensi besar, yaitu seleksi isu dan penekanan atau penonjolan aspek-aspek tertentu dari realitas atau isu. Sementara unit analisis penelitian adalah berita Tempo.co dan Kompas.com mengenai kasus penyelundupan barang mewah di pesawat Garuda Indonesia nomor GA9721.Hasil penelitian menggambarkan bahwa berita-berita Tempo.co dan Kompas.com membingkai kasus penyelundupan di pesawat Garuda nomor GA9721 dengan menyajikan narasi perlunya pelaku penyelundupan ini jika terbukti bersalah untuk dihukum sesuai hukum yang berlaku. Serta jika pelaku merupakan bagian dari BUMN maskapai Garuda Indonesia agar diberhentikan dari jabatan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyalahgunaan jabatan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

komunikata57

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal Sains Komunikata57 (the Scientific Journal of KOM57) is a bilingual journal of communication studies which publish particularly articles on Public Relations, Advertising & Marketing Communication, Media and Political Communication, Intercultural Communication, and Organizational ...