Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 6 No. 1 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 5 TABANAN

Ni Putu Oka Dian Andayani (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Putu Sriartha (Universitas Pendidikan Ganesha)
Iyus Akhmad Haris (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan : (1) keterampilan sosial antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Tabanan; (2) kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Tabanan; dan (3) keterampilan sosial dan kemampuan pemecahan masalah secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Tabanan. Rancangan penelitian menggunakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3 kelas  dan  69 orang siswa. Sampel penelitian adalah 2 kelas berjumlah 46 siswa, 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol dan dipilih secara acak setelah dilakukan uji kesetaraan kelas.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan keterampilan sosial siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dan konvensional pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Tabanan dengan Fhitung = 93,639(p = 0,000 < 0,05), (2) ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalahdan konvensional pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Tabanan dengan Fhitung = 58,582 (p = 0,000 < 0,05), dan (3) terdapat perbedaan keterampilan sosial dan kemampuan pemecahan masalah siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dan konvensional pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Tabanan dengan F-Wilks' Lambda= 75,388 (p = 0,000 < 0,05).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EKU

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education. ...