Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 6 No. 1 (2018)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 1 PENEBEL

Ni Gusti Ayu Ni Gusti Ayu Made Sri Evariani (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Kertih (Universitas Pendidikan Ganesha)
Iyus Akhmad Haris (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Penebel.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Penebel tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 249 orang yang tersebar di delapan kelas. Dengan ramdom sampling,  kelas IXB terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas IXA sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing sampel 32 dan 30 orang. Data dikumpulkan dengan tes essay untuk keterampilan berpikir kritis dan tes pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar siswa. Data dianalisis dengan anava dan manova satu jalur dengan uji F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan pembelaaran konvensional dengan Fhitung = 84,437 (p = 0,000 < 0,05), (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model STM  dan konvensional dengan Fhitung = 50,209 (p = 0,000 < 0,05), (3) terdapat perbedaan prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis antara yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan konvensional dengan F-Wilks' Lambda= 43,569 (p = 0,000 < 0,05).  Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STM dan model pembelajaran konvensional berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Penebel baik secara terpisah maupun simultan. Untuk itu model pembelajaran STM dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPS di SMP

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EKU

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education. ...