Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 3, No 1 (2022): April

Sosialisasi Metode Terjemah Billafdzi dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an

Badrut Tamami (Universitas Muhammadiyah Jember)
Yerry - Mijianti (Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Metode terjemah billafdzi merupakan metode pembelajaran Al-Qur’an yang efektif hasil temuan tim dari Pondok Pesantren Safinda Surabaya. Metode billafdzi mempermudah santri pemula yang ingin mempelajari arti dan terjemah Al-Qur’an dengan baik. Tujuan kegiatan ini yaitu memberikan manfaat dan membantu para santri Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nafsiyah dalam mempelajari tahfidz dan terjemah Al-Quran. Para santri, dikelompokkan dengan dipandu seorang ustaz atau ustazah, menyebutkan kata atau lafadz dengan pengulangan sebanyak tiga kali agar ingat dan terbiasa dengan lafadz tersebut. Setelah tiga kali pengulangan barulah mereka menyebutkan terjemahannya. Metode ini diulang terus menerus sampai santri benar-benar mudah dan terbiasa melafazkan tiap kata dalam Al-Qur’an. Kegiatan belajar ini memanfaatkan buku yang diterbitkan oleh Pondok Pesantren Safinda Surabaya sebagai bahan pegangan ustaz dan bahan belajar santri. Santri yang dari berbagai latar belakang belajar bersama menggunakan metode billafdzi didampingi ustaz dan uztazah dengan buku yang berisi lafaz berwana merah yang wajib dihafal dan lafaz lainnya berwarna hitam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

HMN

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Public Health

Description

Humanism merupakan jurnal pengabdian masyaraka multidisiplin ilmiah. Jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya ini diharapkan menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian kalangan akdemisi ataupun peneliti. Artikel yang dimuat dalam jurnal humanism berbentuk pengabdian masyarakat ...