Bioeduca : Journal of Biology Education
Vol 3, No 1 (2021): Bioeduca : Journal of Biology Education

Studi Literatur Pengaruh Group Investigation terhadap Berpikir Kritis dan Oral Activity Siswa

Hirnanda Agustiawan (Pendidikan Biologi, Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Pembelajaran abad 21 mengarahkan siswa untuk merumuskan masalah dan menekan kerjasama dalam kelompok agar mampu berpikir kritis dan komunikatif. Pembelajaran yang dilakukan guru masih kurang melibatkan peran aktif siswa sehingga rasa ingin tahu dan kamampuan bertanya siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigastion (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan aktivitas lisan siswa berdasarkan hasil studi literatur. Jenis penelitian ini adalah penelitian literature review dengan desain penelitian narrative review. Artikel diperoleh 34  dilakukan validasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa studi literatur pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan aktivitas lisan siswa pada materi biologi yaitu, terdapat pengaruh model group investigation (GI)  terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi biologi dan terdapat pengaruh model group investigation (GI) terhadap aktivitas lisan siswa. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BIOEDUCA

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and ...