Idea : Jurnal Studi Jepang
Vol 4, No 1 (2022): Idea : Jurnal Studi Jepang

Efektivitas Kegiatan Benkyoukai Dalam Pembelajaran Hiragana dan Katakana Pada Mahasiswa Baru Program Studi Sastra Jepang FISIB UNPAK

Mugiyanti Mugiyanti (Unknown)
Helen Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas kegiatan benkyoukai dalam pembelajaran hiragana dan katakana. Dalam kegiatan ini selain belajar bersama hiragana dan katakana, juga bertujuan untuk memberikan informasi mengenai club-club kemahasiswaan yang terdapat di prodi Jepang serta pengenalan budaya Jepang. Populasi penelitian adalah 20 orang mahasiswa semester 1 tahun akademik 2019/2020 pada Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan, yang belum pernah belajar aksara Jepang. Dari hasil penelitian diharapkan akan dapat ditemukan letak permasalahannya sehingga dapat dibuatkan evaluasi guna perbaikan dalam kegiatan benkyokai pada tahun-tahun berikutnya, misalnya dari segi penambahan jam pembelajaran, cara penyampaian materi, dan perbaikan pembuatan soal evaluasi. Untuk di masa depan, berencana membuat modul pengajaran hiragana dan katakana bagi mahasiswa baru yang dapat menjadi bahan acuan pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Idea

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

IDEA Jurnal Studi Jepang yang di kelola oleh Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya. Jurnal ini telah memiliki ISSN 265701757. Jurnal ini menerima artikel asli mengenai berbagai masalah penting dalam ilmu pengetahuan budaya, yang mencakup, tetapi tidak terbatas pada, ilmu ...