Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 3, No 4 (2001)

Efisiensi Internal SMK Program Studi Sekretaris Tahun Pelajaran 1994/1995-1996/1997 di Kabupaten Klaten Jawa Tengah

Winarso Winarso (Unknown)
Dakir Dakir (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2004

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui efisiensi internal SMK Program Studi Sekretaris di Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 1994/1995-1996/1997. Populasi sekaligus sebagai sampel penelitian yaitu 17 SMK yang terdiri dari 4 negeri dan 13 swasta. Uji validitas instnimen pada validitas tampak pertimbangan para ahli (expert judgement). Teknik analisis data dengan deskriptif dilanjutkan dengan cost-effectiveness analysis.Hasil penelitian menunjukkan tingkat efisiensi internal sebagai berikut: Pertama: ditinjau dari indikator-indikator: 1. Masukan Pendidikan: a) rata-rata untuk pengeluaran gaji guru selama tiga bulan sebesar Rp. 5.379.470,00; b) rata-rata untuk pengeluaran fasilitas praktik selama tiga tahun sebesar Rp. 5.126.470,00; 2. Produk Pendidikan: a) rata-rata kenaikan kelas 99,99%; b) rata-rata mengulang kelas 0.71%; c) rata-rata putus sekolah 0,94%: d) rata-rata tingkat produksi pendidikan 99,99%; 3. Keluaran Pendidikan: a) rata-rata proporsi kelulusan 99,88%; b) rata-rata nilai STTB Kejuruan 7,10; dan rata-rata NEM 6,41; 4. Ditinjau dari lama belajar peserta didik penyelenggaraan pendidikan hampir efisien, yaitu rata-rata selama 3,007 tahun, angka koefisien guru 0,87: Kedua: ditinjau dari perbandingan antara keluaran dengan masukan pendidikan: 1. Secara keseluruhan bila dibandingkan antara keluaran dengan masukan, penyelenggaraan pendidikan SMK Kabupaten Klaten efisien secara internal, dengan besarnya indek efisiensi internal sebesar 1,0289; 2. Perbandingan antara proporsi kelulusan dengan masukan gaji guru efisien secara internal, dengan besarnya indek efisiensi 1,0287; 3. Perbandingan antara proporsi kelulusan dengan masukan biaya fasilitas praktik efisien secara internal dengan indek efisiensi 1,0025; 4. Perbandingan antara proporsi kelulusan dengan masukan gaji guru dan biaya fasilitas praktik efisien secara internal dengan besarnya indek efisiensi 1,0642; 5. Per­bandingan antara nilai STTB Kejuruan dengan masukan gaji guru hampir efisien secara internal, indek efisiensi 0,9990; 6. Perbandingan antara nilai STTB Kejuruan dengan masukan biaya fasilitas praktik efisien secara internal dengan besarnya indek efisiensi 1,0749; 7. Perbandingan antara nilai STTB Kejuruan dengan masukan gaji guru dan biaya fasilitas praktik penyelenggaraan pendidikan ini efisien secara internal dengan indek efisiensi 1,00372; 8. Perbandingan antara NEM dengan masukan gaji guru menunjukkan penyelenggaraan pendidikan ini efisien secara internal, yaitu dengan indek efisiensi 1,0136; Ketiga: Ditmjau dan biaya pendidikan: 1. Besarnya biaya kelulusan per lulusan berdasarkan gaji guru selama tiga tahun (Cycle Cost) rata-rata sebesar Rp. 4.503.870,00; 2. Besarnya biaya kelulusan per lulusan berdasarkan gaji guru selama satu tahun dan satu bulan (unit cost) rata-rata sebesar Rp. 1.560.055,00 dan Rp. 130.004,00 dengan biaya paling rninimal (least cost) adalah Rp. 881.600,00: 3. Besarnya Attrition Cost Index sebesar 9,0212 yang berarti penyelenggaraan pendidikan ini efisien secara internal.Katakunci: efisiensi internal, cost effectiveness analysis.

Copyrights © 2001






Journal Info

Abbrev

HEPI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian pendidikan dosen, dan penelitian disertasi mahasiswa S3 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hasil-hasil penelitian yang disampaikan pada jurnal ini tidak terbatas pada bidang evaluasi pendidikan ...