Dinamik
Vol 18 No 2 (2013)

Final Report Penilaian Kinerja Dosen oleh Mahasiswa pada Satu Periode Tahun Akademik menggunakan Teknik Klustering (Studi Kasus : Universitas Stikubank Semarang)

Eko Nur Wahyudi (Unknown)
Arief Jananto (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2013

Abstract

Dosen/Instruktur mempunyai tugas dan tanggung jawab  melaksanakan Tri DarmaPerguruan Tinggi, yaitu pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satukomponen dalam penilaian  pembelajaran adalah adanya penilaian kinerja  yang diberikan olehmahasiswa kepada setiap dosen/instruktur yang mengampu mata kuliah yang mereka ikuti.Harapannya, dengan penilaian tersebut maka diperoleh masukan mengenai kemampuan seorangdosen/instruktur dalam memberikan materi kuliah.  Tentunya hasil penilaian ini masih  perludigabung dengan komponen penilaian kinerja dosen/instruktur lainnya seperti melakukan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penulisan jurnal ilmiah dan lain-lain. Teknik Klustering dengan metode K-Means diterapkan untuk memperoleh hasil kluster terhadap nilai rerata yag diberikan mahasiswa kepada setiap dosen/instruktur, baik pada semester gasal maupun semester genap pada tahun akademik 2012/2013. Kata kunci : kinerja, klustering, k-means

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

fti1

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The Jurnal DINAMIK aims to: Promote a comprehensive approach to informatics engineering and management incorporating viewpoints of different applications (computer graphics, computer networks and security, computer vision, computational intelligence, databases, big data, IT project management, and ...