Dosen/Instruktur mempunyai tugas dan tanggung jawab  melaksanakan Tri DarmaPerguruan Tinggi, yaitu pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satukomponen dalam penilaian  pembelajaran adalah adanya penilaian kinerja  yang diberikan olehmahasiswa kepada setiap dosen/instruktur yang mengampu mata kuliah yang mereka ikuti.Harapannya, dengan penilaian tersebut maka diperoleh masukan mengenai kemampuan seorangdosen/instruktur dalam memberikan materi kuliah.  Tentunya hasil penilaian ini masih  perludigabung dengan komponen penilaian kinerja dosen/instruktur lainnya seperti melakukan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penulisan jurnal ilmiah dan lain-lain. Teknik Klustering dengan metode K-Means diterapkan untuk memperoleh hasil kluster terhadap nilai rerata yag diberikan mahasiswa kepada setiap dosen/instruktur, baik pada semester gasal maupun semester genap pada tahun akademik 2012/2013. Kata kunci : kinerja, klustering, k-means
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013