Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian
Vol 5, No 2 (2019): Agustus

Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Stad (Student Team Achievement Divisions) Pada Mata Pelajaran Vegetatif Di Kelas X ATPH SMK Negeri 5 Jeneponto

Nur Amin Mangka (Universitas Negeri Makassar)
Andi Sukainah (Universitas Negeri Makassar)
Nurmila Nurmila (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas ATPH X vegetatif SMK Negeri 5 Jeneponto melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini terdiri dari 23 siswa kelas X ATPH, menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan tes pada akhir setiap siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Prosedur penelitian meliputi tahapan (a) perencanaan, (b) implementasi, (c) observasi, dan (d) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student team achievement divisons) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat pada kegiatan Siklus I dan Siklus II dan hasil belajar siswa meningkat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Control & Systems Engineering Education Mechanical Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian adalah publikasi ilmiah hasil penelitian bidang teknologi pertanian dengan No. P-ISSN 2476 -8995 (Print) dan No. E-ISSN 2614-7858 (Online). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal ...