Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 2 (2022)

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MEDIA E-LKS WAYANG SUKURAGA PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR

Halimah Halimah (Unknown)
Dyah Lyesmaya (Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia)
Arsyi Rizqia Amalia (Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia)
Ira Komala (Sekolah Dasar Negri Mekarjaya, Sukabumi, Indonesia)
Mastoah Mastoah (Sekolah Dasar Negri Mekarjaya, Sukabumi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Artikel ini mencakup pembahasan tentang peningkakan keterampilan menulis deskripsi siswa melalui media E-LKS Wayang Sukuraga. Metode yang diterapkan yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) untuk memperbaiki permasalahan pembelajaran di kelas. Populasi pada penelitian dilaksanakan di kelas III SDN Mekarjaya tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 8 siswa diantaranya terdiri 4 siswa laki-laki dan perempuan. Data penelitian menggunakan observasi dan tes. Hasil data menyatakan bahwa penerapan media E-LKS wayang sukuraga mampu meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa. Dilihat dari hasil tes akhir menulis deskripsi siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari nilai prasiklus, siklus I dan siklus II yang telah dibahas. Berdasarkan data awal penelitian, nilai rata-rata tes menulis deskripsi mencapai 63, masih lebih rendah dari nilai KKM yang ditentukan di sekolah. Selanjutnya setelah menerapkan ELKS wayang sukuraga pada siklus I skor menulis deskripsi yaitu 71 kemudian pada siklus II skor menulis deskripsi yaitu 80. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ELKS dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Mekarjaya.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...