Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example Dan Make A Match. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre - test, post - test. Jumlah populasi sebanyak 120 orang dan jumlah sampel sebanyak 80 orang siswa (Cluster Random Sampling). Kelas XI IPA - 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas ekperimen II. Analisis data dilakukan dengan cara mencari rata - rata skor dan standart deviasi, dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α= 0,05. Nilai rata - rata post - test kelas eksperimen I yaitu 80,50 dan nilai rata - rata posttest kelas eksperimen II yaitu 71,50. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example pada materi Sel di kelas XI SMA Kartika I - 4 Pematangsiantar T.P 2018/2019 sebesar 9,00. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung (3,93) > ttabel (2,00), maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example pada materi Sel di kelas XI SMA Kartika I-4 Pematangsiantar T.P 2018/2019. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Example Non Example pada pada materi Sel di kelas XI SMA Kartika I-4 Pematangsiantar T.P 2018/2019
Copyrights © 2019