Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 5 No. 2 (2015): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

MODEL EKSPOSITORI DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DALAM KOMPETENSI DASAR "MEMFAKTORKAN BENTUK ALJABAR"

Ni Made Suniti (SMP Negeri 3 Tampaksiring)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tampaksiring di kelas VIIIA semester ganjil Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan cara menerapkan model ekspositori dalam kompetensi dasar”Memfaktorkan Bentuk Aljabar” dalam proses pembelajaran. Data yang dikumpulkan adalah data kwantitatif berupa hasil belajar menggunakan instrument test. Hasil yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif. Setelah berakhir melakukan analisis data diketahui bahwa peningkatan prestasi belajar sudah dapat diupayakan. Hal tersebut terbukti dari kenaikan nilai siswa dari rata-rata 65,63 pada siklus I meningkat menjadi 68,85 dan pada siklus II sudah meningkat menjadi 72,75. Simpulannya adalah model pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika.pada kompetensi dasar”memfaktorkan bentuk aljabar”

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...