Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 10 No. 2 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUALTEACHING AND LEARNING DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYASISWA

Ni Gede Anom Aryantari (SMP Negeri 3 Banjarangkan)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2020

Abstract

Penyampaian mata pelajaran Seni Budaya selama ini disampaikan secara abstrak sehingga siswa belum dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan baik. Hal itu telah menyebabkan rendahnya prestasi belajar yang diperoleh siswa. Penerapan cara belajar aktif melalui model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan Metode Demonstrasi diupayakan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas VIII A SMP Negeri 3 Banjarangkansemester I tahunpelajaran 2019/2020 yang dijadikan sebagai lokasi penelitian. Tujuannya, agar prestasi belajar yang dicapai siswa dapat ditingkatkan sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Belajar yang diharapkan. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan tes prestasi belajar yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil yang diperoleh pada data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan prestasi ketuntasan belajar mencapai 36,67%, siklus I meningkat menjadi 73,33% siklus II meningkat menjadi 96,67%. Hal itu membuktikan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan Metode Demonstrasi yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar Seni Budaya siswa dengan baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...