Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 10 No. 2 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIBANTU METODE PRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA

I Nengah Suana (SMP Negeri 3 Banjarangkan)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Banjarangkan di kelas VII D yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran IPA cukup rendah. Tujuan penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode presentasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode presentasidapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 63,45, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 70,93 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 81,55.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode presentasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...