Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 10 No. 2 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

IMPROVING STUDENTS’ RETELLING RECOUNT STORY ABILITY THROUGH FOUR CORNERS WITH PICTURE SERIES

Putu Ayu Paramita Dharmayanti (Mahasaraswati Denpasar University)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2020

Abstract

Four corners with picture series merupakan salah satu teknik yang diyakini dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam menceritakan kembali cerita bergenre recount. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah keterampilan berbicara siswa semester tiga Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar dapat ditingkatkan melalui teknik four corners with picture series. PenelitianTindakan Kelas digunakan sebagai desain penelitian dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan pre-test, post-test, dan kuesioner sebagai instrument penelitian. Dengan membandingkan hasil pre-tes dan post-tes menunjuk kan ada peningkatan yang signifikan dari nilai rata-rata subjek dari pre-teske post-tes. Hasil angket juga menunjukkan respon positif atas penerapan four corners with picture series dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Berdasarkan hasil pre-test, post-test dan angket, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar dapat ditingkatkan melalui teknik four corners with picture series.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...