Dalam menjalani proses belajar peserta didik  memerlukan bantuan dan bimbingan orang lain. Baik secara disadari maupun tidak dalam kenyataannya, para guru di dalam semua pengajaran yang diberikan secara efektif tersirat beberapa bentuk bimbingan, dalam proses pendidikan dan pengajaran peserta didik tidak lepas dari permasalahan, hal ini dapat diantisipasi melalui pelayanan bimbingan belajar guna menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan ada-tidaknya hubungan  pelayanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar di SMK Muhammadiyah 5  Darul Arqom Kabupaten Kendal pada semester genap   tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan hasil hitung  korelasi  product moment  diperoleh 0,368,  angka tersebut lebih besar dari angka dalam tabel r product moment pada N (subjek) 79 sebesar 0,211, karena; 0,368  >  0,211, maka hipotesis kerja: âAda hubungan  positif antara pelayanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar  pada siswa SMK Muhammadiyah 5 Darul Arqom Kabupaten Kendal  semester genap tahun ajaran 2013/2014â diterima. Kata Kunci : pelayanan bimbingan belajar, motivasi belajar, siswa SMK
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014