COPING (Community of Publishing in Nursing)
Vol 10 No 2 (2022): April 2022

HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS UDAYANA

Made Ayu Tara Sania Tari (Unknown)
Made Oka Ari Kamayani (Unknown)
Made Rini Damayanti S (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Stres akademik merupakan stres yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan. Penyebab dari stres akademik yaitu ketidakmampuan individu dalam melakukan penyesuaian dengan tuntutan akademik. Stres akademik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas tidur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan stres akademik dengan kualitas tidur pada mahasiswa keperawatan Universitas Udayana. Penelitian menggunakan metode kuantitatif korelatif dengan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 163 responden yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Variabel independent penelitian ini adalah stres akademik, sedangkan variabel dependent adalah kualitas tidur. Data dikumpulkan dengan kuesioner Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) dan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Hasil penelitian menunjukkan 55 mahasiswa (33,7%) memiliki stres akademik sangat tinggi dan 118 mahasiswa (72,4%) memiliki kualitas tidur buruk. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rank. Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan antara stres akademik dengan kualitas tidur dengan kekuatan korelasi lemah dan arah hubungan positif (r = 0,236; p = 0,002), yang berarti semakin tinggi stres akademik maka kualitas tidur akan semakin buruk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

coping

Publisher

Subject

Education Health Professions Nursing Public Health

Description

COPING (Community of Publishing in Nursing) adalah E-Jurnal Keperawatan yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal keperawatan ini akan menjadi salah satu wahana pengembangan Evidence Based Nursing dalam pengembangan dan update ...