Literasi sains merupakan kompetensi untuk memahami lingkungan hidup dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur literasi sains mahasiswa dari Papua di Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sanata Dharma (PGSD USD). Jenis penelitian ini adalah deksriptif kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II PGSD jalur kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) Papua sebanyak 72 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah voluntary sampling design dengan 66 responden terlibat. Instrumen yang digunakan berupa soal tes literasi sains yang dikembangkan berdasarkan kompetensi utama literasi sains yang direkomendasikan PISA 2018 dan telah divalidasi dengan skor 3,68 (kategori sangat baik). Rata-rata skor literasi sains seluruh sampel adalah 51,93 (kategori rendah). Kompetensi literasi sains tertinggi dengan jumlah skor 141,87 (maks.198) adalah menjelaskan fenomena secara ilmiah. Sedangkan kompetensi yang terendah dengan jumlah skor 94,9 (maks 198) adalah kemampuan menginterpretasi data dan fakta secara ilmiah.
Copyrights © 2021